Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda) Tahun 2024

Inspektorat Kota Yogyakarta menyelenggarakan Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda) Tahun 2024 sebagai komunikasi dan evaluasi atas hasil pelaksanaan pembinaan dan pengawasan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Acara yang dihadiri oleh Pimpinan DPRD Kota Yogyakarta, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta, BPKP Perwakilan DIY, Inspektorat Provinsi DIY, dan Inspektorat se-DIY ini dilaksanakan pada hari Kamis, 27 Juni 2024 di Hotel harper Malioboro Yogyakarta. 

Acara ini dibuka oleh Pj. Walikota Yogyakarta, Ir. Sugeng Purwanto, M.M.A. dan memberikan sambutan positif atas pelaksanaan Gelar Pengawasan Daerah. Beliau mengapresiasi Kapabilitas APIP Kota Yogyakarta berada di level 3, yang berarti Inspektorat sebagai APIP telah melaksanakan fungsi quality assurance dan fungsi consulting dengan baik. Dalam sambutannya, Pj. Walikota Yogyakarta juga meminta arahan dari BPKP Perwakilan DIY dan Inspektorat Provinsi DIY agar semua rekomendasi dan saran yang diberikan bisa membawa perbaikan pada seluruh Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta.

Inspektur Kota Yogyakarta, Fitri Paulina Andriani menyampaikan bahwa melalui Gelar Pengawasan Daerah ini diharapkan baik Pimpinan Daerah maupun Perangkat Daerah sebagai auditan, dapat mengetahui tugas pokok dan fungsi Inspektorat selaku APIP, dalam menjalankan perannya sebagai Quality Assurance dan Consulting, sehingga terbangun sinergitas dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang bersih, berwibawa dan bebas KKN.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Perwakilan BPKP Yogyakarta, Dr. Setya Nugraha, S.E., M.I.B.A. Dalam materinya, Bapak Setya Nugraha menyampaikan bahwa APIP harus mampu memberikan informasi bernilai bagi pengambilan keputusan di tingkat yang lebih strategis, memberikan solusi dini bagi permasalahan yang dihadapi organisasi, serta tangkas mengantisipasi risiko dan merekomendasikan mitigasi risikonya. Pemaparan materi selanjutnya disampaikan oleh Bapak Soeharyanto, Irban Pemerintahan Inspektorat Provinsi DIY yang memaparkan materi terkait pengawasan yang telah dilakukan oleh Inspektorat Provinsi DIY. Pemaparan materi terakhir disampaikan oleh Inspektur Inspekorat Kota Yogyakarta, Ibu Fitri Paulina Andriani, yang menyampaikan seluruh kegiatan pengawasan Inspektorat Kota Yogyakarta selama tahun 2023.

Credit : Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat