Sosialisasi Anti Korupsi Dengan Tema -GARIS PAS- (Gerakan Anti Korupsi di Sekolah Melalui Penyuluh Anti Korupsi Pada Sekolah) di Pemerintah Kota Yogyakarta

Pada tanggal 25 Juni 2024, Inspektorat Kota Yogyakarta Bidang Pemerintahan Aparatur dan Investigasi telah menyelenggarakan Sosialisasi Anti Korupsi dengan Tema -GARIS PAS- (Gerakan Anti Korupsi di Sekolah Melalui Penyuluh Anti Korupsi Pada Sekolah) di Pemerintah Kota Yogyakarta. Sosilaisasi dilaksanakan di Hotel Jambuluwuk Yogyakarta Pukul 08.00 WIB dengan narasumber M Rofie Hariyanto Manager LSP KPK RI dan Yudi Ismono, S.Sos.,M.Acc Ketua Perkumpulan PAKSI Nasional. Acara dihadiri oleh Ketua PAK SIJI DIY, Inspektur Kota Yogyakarta, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, Perwakilan BKPSDM dan dengan peserta perwakilan seluruh SD Negeri dan SMP Negeri di Pemerintah Kota Yogyakarta.

Narasumber menekankan pentingnya peran guru dan sekolah dalam pencegahan korupsi dan mengajak sekolah untuk bisa menjadi bagian dalam aksi nyata pencegahan korupsi. Peserta diajak untuk bisa berperan aktif sebagai penyuluh anti korupsi dengan menjadi PAKSI atau Penyuluh Anti Korupsi. Peserta bisa mengikuti sertifikasi penyuluh anti korupsi dengan tahapan :

  1. Mengikuti e-learning Pengetahuan Dasar Anti Korupsi dan Ingritas
  2. Mendaftar sertifikasi
  3. Verifikasi oleh LSP KPK
  4. Pelaksanaan Sertifikasi secara online
  5. Penerbitan Sertifikasi

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan masing – masing sekolah dapat memiliki minimal 1 (satu) penyuluh anti korupsi yang tersertifikasi dan dapat memberikan pendidikan anti korupsi di lingkungan sekolahnya.